Selamat datang di dewiarmitha.com

Mari kita berbicara mengenai #pojoko48.

#Pojok48 adalah salah satu jenis konten di blog ini. Yang mana akan menyajikan berita-berita menarik mengenai Idol Group JKT48.

Bulan November 2020, bisa jadi sesuatu yang mencekam bagi JKT48. Bagaimana tidak? Dari awal bulan november, Jeketi sudah dilanda dengan berbagai berita dan permasalahan. Hal ini tentunya membuat para fans jadi sedih sekaligus khawatir.

Apa saja hal yang membuat bulan november ini menjadi sangat menakutkan bagi jeketi?

1. Pengumuman Graduation dari Member Senior

Minggu pertama bulan november, tanggal 8 November 2020, menjadi salah satu tanggal yang tidak akan dilupakan oleh keluarga besar Jeketi. Pasalnya, dua orang member mengumumkan untuk lulus dari Jeketi. Member tersebut adalah Nadila dan Rona. Keduanya merupakan member generasi dua dan anggota dari team J. Mereka mengumumkan kelulusannya pada saat show Idol No Yoake team J. Pengumuman diawali oleh Rona, yang membuat member yang tampil saat itu menjadi shock. Setelah Rona, tiba-tiba Nadila juga mengumumkan kelulusannya. Hal ini membuat fans dan member mendapatkan double kill. Kedua member senior ini, sudah terhitung 8 tahun menjadi member jeketi. Mereka juga merupakan member yang cukup berpengaruh di Jeketi. Nadila merupakan perintis sekaligus kapten JKT48 akustik dan sekarang termasuk member senbatsu single original pada peringkat ke-5. Sedangkan Rona merupakan member yang dulunyan cukup sering menjadi senbatsu pada single jeketi dan awalnya merupakan Ace dari generasi 2. Rona juga merupakan member dari JKT48 akustik bersama dengan Nadila.

Tambahan berita mengejutkan...

Pada tanggal 17 November 2020, secara mengejutkan Frieska meber dari generasi 1 sekaligus kapten team J mengumukan kelulusannya pada show Idol No Yoake. Tidak ada yang menyangka, Frieska akan mengumumkan kelulusannya dekat-dekat ini, pasalnya Frieska baru saja diangkat sebagai kapten dari team J. Dengan pengumuman ini, maka bisa dipastikan bahwa Gaby adalah satu-satunya member generasi 1 yang tersisa.

2. Pengumuman Mengejutkan!

Tanggal 10 November 2020, Staff dari JKT48 atau biasa dijebut JOT melakukan live streaming di channel youtube Jeketi untuk mengumumkan sesuatu hal yang penting. Awalnya para fans dan member menganggap bahwa pengumuman ini berkaitan dengan ulang tahun Jeketi pada desember mendatang. Namun kenyataannya berbeda. Pengumuman justru  membuat shock keluarga besar Jeketi. Hal ini dikarenakan pada pengumuman tersebut, Melody Laksani Nurramdhani yang  merupakan General Manager Theater JKT48 mengatakan bahwa Jeketi sedang dilanda krisis akibat pandemi covid-19. Akibatnya hanya ada dua pilihan. Jeketi bubar atau bertahan. Berdasarkan kesepakatan, managemen mengambil keputusan untuk bertahan. Dan satu-satunya cara untuk bertahan adalah melakukan pengurangan member dan staff. Pandemi covid-19 benar-benar membuat sebagian besar kegiatan jeketi menjadi terhambat. Banyak event yang harus dibatalkan, mulai dari handshake event, konser, theater, dll. Meskipun sudah diatasi dengan berbagai cara termasuk melakukan live streaming theater, video call dengan member, dan konten-konten lainnya, tetapi tetap saja itu tidak cukup. Bisa dibayangkan, yang biasanya setiap hari kecuali senin, Theater dengan kapasitas penonton bisa mencapai 300 orang tiba-tiba saja dihentikan. Sementara ada kurang lebih 70 member dan 50 lebih staff yang harus digaji. Maka dari itu, kesepakatan managemen dan stake holder adalah memangkas jumlah member dan staff. Mengenai berapa jumlah member dan siapa saja member yang akan di pangkas, belum disampaikan oleh pihak JOT. Dengan ini, saya mau berterima kasih kepada Covid-19, sungguh Anda sangat meresahkan!

3. Pelecehan Sexual dialami oleh Member

Baru-baru ini, Aurel member generasi 3 dari team J mengalami kejadian yang tidak mengenakkan. Yang mana dirinya mendapatkan pelecehan sexual melalui media sosial instagram. Menurut Melody, pelaku mengirimkan beberapa perkataan dan foto yang tidak wajar melalui direct message. Karena hal ini, Aurelpun sepakat dengan pihak managemen untuk menindak lanjuti kejadian ini  ke jalur hukum. Dengan maksud, untuk memberikan pelajaran kepada pelaku dan juga memberikan perlindungan kepada member jeketi yang bersangkutan ataupun member lainnya. Mengingat, di jeketi ada sekitar 70 gadis-gadis yang harus dilindungi dari hal-hal semacam ini- kata Melody. Saat ini, kepolisian Polda Metro Jaya sedang mengusut kasus ini.

4. Pengumuman Pengunduran Diri...

Beberapa waktu lalu, Nyimas Ratu Rafa yang merupakan member generasi 8 dari team T dikabarkan mengundurkan diri dari jeketi. Hal ini diumumkan secara resmi oleh pihak managemen melalui situs web jeketi. Sebelum pengumuman ini dikeluarkan, Ratu beberapa kali tidak mengikuti kegiatan jeketi dikarenakan izin keluarga akibat pandemi covid-19. Dan berdasarkan pengumuman yang dikeluarkan oleh managemen, alasan Ratu mengundurkan diri memang karena faktor keluarga.

5. Skandal berujung dipecat

Fandom jeketi belakangan ini dihebohkan oleh skandal yang dilakukan oleh seorang member bernama Gabriela Marcelina dari team KIII dan member generasi 5. Awal dari kasus ini, ketika Aby tidak mengikuti show Saka Agari oleh team KIII. Ternyata alasan Aby tidak mengikuti theater adalah liburan. Liburan ke Labuan Bajo. Awal kasus skandal dimulai, ketika Aby mengunggah IG story di Labuan bajo yang sama persis dengan IG story seorang youtuber game. Bahkan waktu dan pengambilan gambarnya pun sama persis. Usut punya usut, memang benar mereka liburan bersama. Bahkan beberapa IG story dari orang-orang yang liburan bersamanya, memperlihatkan Aby melakukan hal-hal yang tidak pantas untuk dilakukan oleh seorang member jeketi: bergandengan tangan dengan pria, santai bersama di sebuah kursi dengan pria, dan suap-suapan. Belakangan diketahui bahwa dalam vlog sang cowok, Aby beberapa kali muncul namun dengan tampilan yang disensor dari wajah, tubuh, bahkan suaranya disamarkan. Kasus memuncak ketika, beredar foto yang jelas-jelas memperlihatkan bahwa memang benar yang liburan bersama tersebut adalah Aby. Bahkan Ex-member yang juga turut ikut dalam liburan tersebut, memperlihatkan foto selfie bersama Aby. Yang membuat fans geram karena si member sempat-sempatnya liburan di saat para teman teamnya sibuk mempersiapkan setlist baru dan last show setlist lama. Sehari setelah show setlist baru, pihak managemen mengumumkan secara resmi di web bahwa Aby telah melanggar aturan sebagai member dan tidak lagi beraktivitas sebagai member jeketi. Dengan begitu, Aby bukan lagi member jeketi. Tidak berselang sehari, Aby sudah memiliki akun sosmed baru dan secara jelas memposting foto berduanya bersama sang pacar. Begitu pula dengan sang pacar yang juga memposting foto berdua. Yang mengecewakan, Aby adalah member sentbatsu pada peringkat 6, dimana hal tersebut bisa dibilang prestasi besar apalagi ini adalah single original, tapi malah menyia-yiakan kesempatan tersebut dengan melanggar golden rules grup.

Masih pertengahan november, tapi sudah banyak yang membuat fans dan member menjadi berkecamuk. Semoga tidak adalagi kabar yang tidak menyenangkan. Terima kasih!

Sekian.

Yours.