Tepat 09 Agustus kemarin, blog ini berusia sewindu (8 tahun).

Awal mula blog ini diturunkan ke Bumi hanya untuk mengisi kekosongan setelah Ujian Nasional SMP pada tahun 2012. Sebelumnya, “yang punya” membuat beberapa blog. Tapi karena selalu lupa kata sandi, akhirnya membuat blog lagi. Setelah bikin baru, lupa lagi. Dan seterusnya sampai blog yang sekarang ini bisa bertahan.

Postingan pertama di blog ini berjudul “sahabat”. Entah apa yang merasuki sang pemilik blog kala itu, bisa memposting sesuatu yang hanya berisi definisi sahabat. Setelah postingan itu, bermunculanlah postingan-postingan yang semakin malu untuk dibaca saat ini. Mulai dari menuliskan biodata nama-nama teman geng waktu SMP sampai cerita pribadi yang tidak ada manfaatnya untuk orang lain.

Namanya juga anak SMP kelas 9. Waktu itu, pikiran saat membuat postingan hanya mau mengshare cerita-cerita saja tanpa memikirkan apa manfaat untuk orang lain.

Prosespun berjalan,

Memasuki masa-masa SMA, postingan mulai agak membaik karena isinya sudah lumayan bermanfaat bagi orang lain. Meskipun “yang punya” ngambil isinya copy paste dari blog orang lain. Blog saat itu sedang rajin-rajinnya memposting tentang biodata artis, tips belajar, dan masih ada beberapa cerita narsis dari “yang punya”.

Barulah pada tahun 2014, blog ini sudah menemukan jati dirinya secara perlahan. Dengan menulis postingan yang murni dari “yang punya” dan pastinya bermanfaat untuk orang lain. Kala itu, blog lagi naik daun dan bermunculan blogger-blogger keren. Blog ini sendiri memiliki kiblat dalam konsepnya yaitu blog Kevin Anggara, Benablog, dan Raditya Dika. Makanya, sebagian besar postingan akan menggunakan kata “Gue” untuk mengganti kata “Saya”.

Tahun 2014 juga, blog ini mulai bergabung dengan komunitas blogger. Waktu itu, blog ini merupakan anggota dari “Kancut Keblenger” dan “Jamban Blogger”. Di komunitas ini, sesama blogger bisa saling sharing. Dan ketika ada postingan baru,  kita akan meluangkan waktu untuk berkomentar di blog mereka. Begitupula dengan mereka ke blog kita.

Tahun Selanjutnya, blog ini akhirnya memiliki jiwa kompetisi untuk ikut-ikut di ajang perlombaan. Kalau dihitung, sangat sering. Pernah ikut lomba yang diadakan oleh blibli.com, Samsung Galaxy, dan masih banyak lagi. Dan yang paling berkesan, ya pastinya ketika menang. Pernah menang dalam suatu ajang giveaway salah seorang blogger yang saat itu cukup terkenal. Akhirnya menang, dan hadiahnya dapat domain selama setahun plus sama alat musik tiup khas Kalimantan. Selain itu, ada juga yang nggak menang tapi membahagiakan yaitu saat ikut lomba nulis review buku kedua Kevin Anggara. Kenapa membahagiakan? Simple, karena Kevin Anggara-nya meninggalkan komentar di postingan.

Memasuki masa perkuliahan, blog ini seperti mati suri. Meskipun tetap memposting, tapi paling 1-3 kali setahun dan itu berlangsung selama 4 tahun. Bukan karena lupa password lagi, tapi karena “yang punya” lebih rajin menulis laporan praktikum dibandingkan menulis postingan blog.

Selama proses panjang, banyak hal yang berubah. Yang awalnya isi blog asal-asalan sampai perlahan-lahan mulai dipikirkan manfaatnya untuk orang yang baca. Yang awalnya cara nulis tidak memperhatikan tata cara penulisan yang baik sampai akhirnya lumayan sudah enak buat dibaca. Yang awalnya tidak memperhatikan konsep template, thumbnail, dan konten sampai akhirnya bisa menemukan jenis template yang pas serta mengisi dengan berbagai variasi konten yang tidak hanya itu-itu saja.

Lulus kuliah, “yang punya” akhirnya berkomitmen untuk memulai kembali mengaktifkan blog. Meskipun tidak setiap hari, paling tidak dua kali seminggu sudah menjadi bukti, bahwa blog ini masih ada. Kalau dalam seminggu benar-benar tidak ada postingan, itu bukan berarti tidak ada ide tapi karena tidak ada kuota saja. Mohon dimengerti :P.

Zuzur, membuat postingan saat ini tidak seenteng dulu. Bisa posting tanpa harus berpikir: “ini bagus nggak?”, “ini bakalan ada yang baca?”, atau “ini bermanfaat, nggak?”. Dan semua pertanyaan itu adalah pertanyaan yang harus dijawab sebelum memposting suatu tulisan di blog. Tulisan apapun belakangan ini yang terposting, bukanlah sesuatu yang langsung jadi. Sebelum menjadi sebuah postingan, “ yang punya” harus berpikir keras: Apa cerita/ide/tema yang akan ditulis? Setelah itu baru membuat kerangkanya. Menulis postingannya di word. Kemudian diedit lagi. Kalau sudah fix, baru membuat thumbnail. Terakhir, memindahkan di blogger dan diedit lagi. Lalu akhirnya, bisa dipublish.

Zuzur lagi, kebahagian blogger itu hanya satu. “ada yang baca” . Dan kebahagiaan tingkat tertingginya, ketika “ada yang komentar”.

Selama sewindu, Pencapaian tertinggi blog ini adalah saat viewernya mencapai 1100 lebih view  dalam sehari.

Selama sewindu, postingan dengan angka view tertinggi ada pada “contoh laporan”. Ya, wajar. Karena pasti banyak yang cari referensi tugas tentang ini. Meskipun “yang punya” tau, kalau postingan seperti itu akan mengundang banyak viewer, tapi konsep dari blog ini hanya untuk “menghibur dan memberi informasi”. Sedangkan, untuk memuat tentang Sekolah dan Kuliah, “yang punya” memutuskan untuk membuat blog baru yaitu Smilearningcenter.Blogspot.com. Jangan lupa dikunjungi!

Lalu, apa selanjutnya di tahun yang baru ini?

Biarkan “yang punya” menceritakan pencapaiannya di tanggal 09 Agustus 2021.

Terima Kasih atas #Sewindu8ersama

Sekian.


Yours