Halo selamat malam.

Pandemi seperti ini membuat kita susah untuk bertemu dengan orang-orang yang kita sayang. Apalagi di hari spesial mereka. Misalnya saja pada hari ulang tahun yang membuat kita susah untuk memberikan kejutan karena tidak bisa bertemu. Meskipun begitu, kita harus tetap memberikan hadiah kepada orang-orang yang tersayang. Tapi karena sedang musim-musim pandemi begini, sepertinya pemasukan sangat merosot. Jangankan untuk berfoya-foya, buat membeli kebutuhanpun sepertinya sudah sangat susah.

Terus?

Tenang.

Hadiah itu tidak harus dalam bentuk barang dan mahal. Selama niatmu mau membahagiakan orang yang kamu sayang, kamu pasti bisa. Ini dia solusinya:

Memberikan hadiah dalam bentuk video stopmotion.

Apa itu video stopmotion?

“Stopmotion adalah sebuah teknik animasi untuk membuat objek yang dimanipulasi secara fisik agar terlihat bergerak dengan sendirinya. Objek tersebut digerakan sedikit demi sedikit di setiap frame yang akan difoto, menciptakan ilusi pergerakan saat serangkaian frame tersebut dimainkan secara berurutan berkelanjutan.”

Bagaimana cara membuatnya?

Pertama. Yang harus kamu persiapkan adalah konsep atau tema. Kamu harus tau bagaimana konsep yang akan kamu masukkan dalam video. Dengan konsep yang matang, maka akan membuat hasilnya terlihat mengagumkan. Selain itu, konsep akan membantumu untuk membuat storyline video.

Kedua. Membuat storyline. Apa itu storyline? Storyline adalah alur cerita yang akan dibuat pada sebuah karya animasi atau film sehingga jelas dan terarah. Dengan membuat storyline, maka akan memberikan gambaran kasar dari hasil video yang akan kamu buat.  Biasanya di storyline memuat gambar, tulisan, dan transisi yang akan kamu gunakan di videomu.

Ketiga. Membuat gambar atau tulisan yang akan digunakan dalam proses pembuatan stopmotion. Gunakan teknik hand lettering dan warna yang menarik. Karena itu akan menambah tingkat kekerenan dari videomu. Setelah itu, gunting  kertas tersebut dan siap untuk digunakan.

Keempat. Mulai menyiapkan semua alat dan bahan yang digunakan. Mulai dari bahan kertas yang telah digunting tadi, kamera atau HP, dan juga tripod. Tripod akan sangat membantumu. Karena tanpa tripod, hasil fotonya akan goyang dan tidak konsisten. Paling penting adalah pencahayaan yang baik dan juga tidak berubah-ubah.

Kelima. Mengambil gambar. Tips dalam mengambil gambar saat membuat stopmotion adalah mengambil gambar sebanyak mungkin di setiap pergerakan. Sehingga hasil pergerakan foto setelah di edit menjadi halus.

Keenam. Bersabar. Untuk mengambil gambar pada proses pembuatan stopmotion memang perlu kesabaran karena akan memakan banyak waktu.

Ketujuh. Proses editing. Hal ini bisa dibilang susah, bisa juga dibilang mudah. Karena tergantung jenis stopmotion yang kamu buat. Misalnya saja kamu membuat stopmotion jenis lirik video. Maka kamu harus mengedit fotonya sampai benar-benar pas dengan kata yang ada pada lagu. Jadi memang sangat butuh kesabaran.

Kedelapan. Selesai. Setelah editan selesai, putar sekali lagi sebelum kamu benar-benar menyimpan hasil akhirnya. Jangan sampai ada foto yang kurang tepat. Itu akan sangat mempengaruhi hasilnya dan gagal menyampaikan isi videonya.

Ini adalah contoh proses pembuatan stopmotion dengan jenis lirik video.

Video ini dibuat selama berhari-hari. Untuk membuat hand lettering dan gambar yang digunakan itu perlu waktu 3 jam . Terus untuk mengambil foto memerlukan waktu 1 jam. Dan untuk editing butuh waktu 4 jam. Yah, meskipun hasilnya tidak bagus-bagus banget, tapi paling tidak kata-kata yang ada digambar sesuai dengan lirik pada lagu. Itulah intinya ketika membuat video stopmotion jenis lirik video.

Kalau mau lihat hasilnya, silahkan di cek disini: NONTON DISINI, GAES!

Jangan lupa juga untuk mensubscribe channelnya, yah.

Ini ada beberapa referensi stopmotion yang bisa kamu tonton Disini

Sekian

Yours