Selamat malam.
Agar malam ini memiliki faedah, mari kita bersama-sama membaca sesuatu yang akan membuat pengetahuan bertambah.

Cuss....

Kita sudah tahu bersama bahwa Malaikat adalah makhluk ciptaan Allah yang terbuat dari cahaya (Nur).  Jumlah malaikat ada ratusan ribu, tetapi yang wajib diketahui ada 10 malaikat. Masing-masing malaikat memiliki tugasnya masing-masing.

Salah satu diantara 10 malaikat tersebut adalah malaikat Izrail. Malaikat Izrail memiliki tugas untuk mencabut nyawa makhluk ciptaan Allah SWT. Dan merupakan malaikat yang paling sering turun ke Bumi  untuk memisahkan antara ruh dan jasad makhluk Allah.

۞ قُلْ يَتَوَفَّاكُمْ مَلَكُ الْمَوْتِ الَّذِي وُكِّلَ بِكُمْ ثُمَّ إِلَىٰ رَبِّكُمْ تُرْجَعُونَ

Katakanlah: "Malaikat maut yang diserahi untuk (mencabut nyawa)mu akan mematikanmu, kemudian hanya kepada Tuhanmulah kamu akan dikembalikan". (Q.S. As-Sajdah :11)

Lalu bagaimana rasa sakitnya ketika Malaikat Izrail mencabut nyawa makhluk?  Apakah sakit?  Rasulullah SAW yang merupakan makhluk mulia saja yang nyawanya dicabut secara perlahan oleh Malaikat Izrail masih merasakan sakit.  Bagaimana jika malaikat Izrail melakukannya dengan kasar?

Gambar hanya ilustrasi pendukung
Pada hari kiamat nanti, semua makhluk akan merasakan kematian. Termasuk para malaikat. Dan tidak terkecuali malaikat Izrail. Setelah menjalankan tugasnya untuk mencabut semua nyawa, maka ia akan mencabut nyawanya sendiri.

Pertanyaannya, apakah malaikat Izrail akan merasakan sakit saat ia mencabut nyawanya sendiri?

Setelah Malaikat Izrail mencabut nyawa Malaikat Jibril, Izrail, dan Hamalatul Arsy pada hari kiamat nanti, Allah kemudian  menyuruh malaikat Izrail untuk mencabut nyawanya sendiri.

Allah berfirman, “Hai Malaikat Maut (Izrail), tidakkah kamu mendengar FirmanKu, Kullu Nafsin Dza’iqatul maut, tidakkah engkau tahu setiap yang bernyawa itu akan merasakan mati.”.

Lalu Allah berfirman lagi, “Aku jadikan engkau untuk tugas itu dan engkau juga harus mati.”

Terus dimanakah tempat yang dipilih oleh malaikat maut untuk mencabut nyawanya sendiri?

Setelah diperintahkan oleh Allah, maka malaikat Izrail pergi ke suatu tempat yang dekat dengan surga dan neraka untuk mencabut nyawanya sendiri. Ketika malaikat Izrail mencabutnya nyawanya, malaikat Izrail menjerit dengan keras. Saking kerasnya, jika pada masa itu masih ada makhluk yang hidup, maka makhluk tersebut akan binasa bila mendengarnya.

Malaikat Izrail berkata, “Kalaulah aku tahu bagaimana sakitnya saat roh dicabut, maka aku sudah barang tentu akan mencabut roh orang-orang mukmin dengan cara yang paling lembut sekali.”

Setelah malaikat Izrail mati, maka sisa Allah SWT yang berkuasa.

Begitulah yang akan terjadi ketika malaikat Izrail mencabut nyawanya sendiri.

Jangan main-main, karena malaikat Izrail sebelum mencabut nyawanya, maka juga akan mencabut nyawa kita. Hati-hati, karena malaikat Izrail mendatangi kita 70 kali dalam sehari.

Kalau dihitung, berarti:
1 hari=24 jam=1440 menit. 1440 menit/70 kali malaikat melihat kita=20.571 menit, itu berarti malaikat Izrail mendatangi kita setiap 21 menit.

Hadis Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Abbas bahwa Rasulullah bersabda:

"Bahwa malaikat maut memperhatikan wajah manusia di muka bumi ini 70 kali dalam sehari. Ketika Izrail datang merenungi wajah seseorang, didapati orang itu sedang bergelak-ketawa. Maka berkata Izrail: Alangkah herannya aku melihat orang ini, padahal aku diutus oleh Allah untuk mencabut nyawanya kapan saja, tetapi dia masih terlihat bodoh dan bergelak ketawa."

Seorang sahabat pernah bertanya: "Wahai Rasululloh, Siapakah orang mukmin yang paling cerdas?" Rasulullah menjawab: "Yang paling banyak mengingat mati, kemudian yang paling: baik dalam mempersiapkan kematian tersebut, itulah orang yang paling cerdas." {HR. Ibnu Majah, Thabrani, dan Al Haitsamiy)

Sekian.

Yours