Selamat malam.

Menjadi mahasiswa akan mengajarkan banyak hal dan menambah pengalaman. Salah satu bagian terpenting yang tidak akan kamu lupakan saat menjadi mahasiswa adalah ber-KKN ria.

Ketika memasuki masa KKN, itu menandakan bahwa sedikit lagi kamu akan selesai dari bangku perkuliahan. Dan sebelum masa perkuliahanmu segera berakhir, maka jadikanlah momen KKN menjadi salah satu hal paling bahagia dalam hidupmu.

Zuzur, banyak hal yang mempengaruhi menyenangkan atau tidaknya KKN kamu. KKN bisa menjadi momen yang membahagiakan, ketika kamu adalah orang yang mudah bergaul dengan orang lain atau ketika kamu memiliki teman seposko yang asik dan baik-baik..

Maka dari itu, sebelum KKN, kamu perlu mengetahui apa saja yang perlu disiapkan. Jangan sampai KKNmu yang harusnya menyenangkan itu menjadi sesuatu yang buruk hanya karena kamu kurang persiapan.

1. Berdoa yang baik-baik


Jauh sebelum berangkat, jangan pernah lupa untuk mendoakan nasibmu di Lokasi KKN. Berdoalah agar memiliki posko yang nyaman, ibu/ bapak posko yang baik, teman-teman posko yang seru, daerah KKN yang aman, dan berdoalah agar kamu bisa menikmatinya dengan bahagia. Karena ketika semua itu tidak kamu doakan dan tidak terjadi padamu, percayalah KKNmu akan berasa seperti masuk neraka. Hahahah.

2. Mengetahui kondisi tempat KKN
Sebelum berangkat ke Lokasi, kamu pastinya sudah mengetahui kamu akan hidup selama 3 bulan. Supaya hidupmu aman dan tentram, maka cobalah untuk mencari tau kondisi lokasi KKN mu. Mulai dari bagaimana kondisi lingkungannya, masyrakatnya, dan juga ada istiadat yang berlaku disana. Karena semua itu akan membantumu untuk mempersiapkan apa saja yang harus kamu bawa. Dan dengan mengetahui kondisi tempat KKNmu, maka kamu bisa tau bagaimana cara kamu harus bersikap.

3. Mempersiapkan barang bawaan


Hidupmu akan berlangsung selama 3 bulan di tempat KKN. Maka persiapkan dengan maksimal barang bawaanmu. Apa saja yang perlu kamu bawa?
  • Buku bacaan. Kamu bisa mengisi waktu kosongmu selama di lokasi KKN dengan membaca buku. Apalagi ketika lokasi KKN mu sulit  menjangkau jaringan internet.
  • Mainan. Biar lebih seru, usahakan bawa mainan yang bisa kamu mainkan bersama teman-teman posko. Misalnya, monopoli, kartu remi, UNO, dll. Ini akan membuat hubunganmu dengan teman posko jadi semakin akrab.
  • Pakaian secukupnya. Jangan membawa baju secara berlebihan, karena akan membuatmu repot sendiri. Yang paling penting, kamu harus membawa jaket, training, kemeja, sepatu. Usahakan jumlahnya lebih dari satu, supaya ada cadangan.  Jangan lupa juga untuk membawa selimut.
  • Alat sholat. Ini sudah jelas. Karena di lokasi KKN kamu akan menikmati indahnya berjamaah bersama teman-teman posko.

4 Membawa Uang Cash
Usahakan jangan menyimpan semua uang kamu di ATM. Karena tidak semua lokasi KKN memiliki ATM. Apalagi kalau kamu nanti ditempatkan di pedesaan. . Untung-untung kalau di lokasimu ada BRI Link. Jadi bersabarlah.

5. Mulai belajar memasak


Sebelum KKN, maka luangkan waktu kamu untuk belajar memasak. Karena kenapa? Karena kamu akan dibully ketika kamu tidak bisa memasak. Serius. Di tempat KKN kamu akan masak bersama  teman-temanmu dan ketika kamu tidak bisa melakukan apa-apa, bersiaplah untuk jadi bahan bully-an.

6. Memikirkan konsep proker
KKN harusnya memang bahagia dan seru, tapi kamu perlu tau bahwa KKN itu melelahkan. Kamu harus mengerjakan banyak proker selama 3 bulan. Biasanya proker akan direncanakan setelah berada di lokasi KKN setelah melihat kondisi. Tapi sebelum berangkat, ada baiknya kamu persiapkan proker apa yang kamu akan usulkan nantinya. Karena bererapa posko ada yang meminta proker dari tiap anggotanya tergantung jurusan.

7. Bawa stok film


Meskipun melelahkan, tapi ada saatnya nanti kamu akan merasakan tidak tau mau ngapain lagi.  Maka kamu bisa luangkan waktumu untuk menonton film bersama teman-teman poskomu.

8. Melatih diri

Saat kamu ber-KKN ria, kamu akan bertemu dengan orang-orang baru yang memiliki karakter berbeda-beda. Ada yang ngambekkan, ada yang pendiam, ada yang ribut, ada yang jorok, dan lain-lain. Maka dari itu, sebelum berangkat KKN maka persiapkan diri kamu menjadi orang yang lebih bersabar menerima orang-orang baru. Jadilah orang yang seru. Ketika orang bercanda, kamu juga ikut bercanda. Ketika orang serius, kamu juga harus serius. Ketika orang menggibah, kalau mau seru, ya ikut. Tapi, kalau tidak mau dosa,  ya jangan.

KKN cuma sekali. Eh, nggak deng. Bisa dua kali kalau nggak lulus. Tapi, usahakan sekali saja. Makanya nikmati KKNmu sebahagia mungkin dan lihat betapa sedihnya kamu nanti ketika harus meninggalkan lokasi KKN.


Selamat ber-KKN Ria



Sekian.

Yours