Assalamu alaikum, temans.
Selamat malam minggu bagi yang menikmati.

Liburan gue sudah usai. Itu artinya gue sudah nggak di kampung tercinta. Gue harus merantau lagi buat nimba ilmu dan meninggalkan semua kenikmatan yang ada di rumah. Minggu pertama di semester dua, gue masih belum sibuk. Gue masih santai dan masih banyak mainnya. Namun demikian, gue tetap melakukan sesuatu yang bermanfaat. Misalnya saja mengikuti bimbel buat melatih kemampuan dalam menjawab soal-soal fisika dasar, kemudian terakhir yang tadi  pagi gue ikutin yaitu first meeting volunteer.

Karena belum sibuk, makanya gue nulis di blog. Tapi, memang rencananya ( semoga aja) gue akan kembali mengupdate tiap minggu diblog. Dan semoga saja kouta gue mendukung. Karena mengingat kouta yang semakin kesini semakin mahal harganya.

Di malam yang berbahagia ini, gue akan membahas mengenai Ujian Nasional. Siapa sih yang nggak kenal dengan Ujian Nasional atau yang sering disingkat UN. Bagi gue UN itu rasanya seperti berperang di medan perang. Buat menuju ke medan perangnya, kita butuh banyak persiapan dan begitu pula dengan UN. Buat menghadapi UN dan nggak dapat nilai asal-asalan, kalian harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang.

Jujur saja, nilai UN gue agak mengecewakan. Bahkan guru gue kecewa. Bukan karena gue nggak mempersiapkan sesuatunya dengan matang. Gue bahkan mengikuti les yang dilaksanakan di sekolah sampai sore, kemudian di rumah gue belajar sampai tengah malam, dan gue ngorbanin waktu main gue. Semuanya gue persiapkan dengan sebaik-baiknya. Tapi, sayang nilai UN gue nggak masuk sepuluh besar di sekolahan. Bahkan, nilai gue udah hampir berada di peringkat terbawah. Namun, gue nggak panik dan merasa sangat stress, karena gue telah berusaha dan melakukannya dengan jujur. Gue tau semua yang dilakukan dengan baik, maka hasilnya akan baik juga. Meskipun nilai gue buruk saat itu, tapi hikmahnya gue lulus SNMPTN. Ini berkat nilai rapor gue yang alhamdulillah lumayan bagus.
                Nah, buat kalian yang akan menghadapi UN. Gue akan memberikan beberapa tips  gimana caranya menghadapi UN biar tetap santai dan bisa mendapatkan nilai yang maksimal.

 Berdoa setiap saat
Tuhan akan melihat setiap apa yang dilakukan oleh hambanya. Sambil kalian berusaha, selalulah berdoa. Supaya kerja yang dilakukan bisa mendapat nilai kebaikan disisi Tuhan. Berdoalah kepada Tuhan supaya diberikan kesehatan, dijauhkan dari kemalasan untuk belajar, dan dipermudahkan dalam menjawab soal-soal nanti. Sebagai saran, cobalah untuk bangun sholat tahajud saat malam, dan laksanakan pula sholat duha. InsyaAllah, semuanya akan diberi kelancaran.

        Minta restu orang tua
UN sebentar lagi, dan ada baiknya sebelum menghadapinya kalian meminta maaf dululah kepada orang-orang yanga da disekitar kalian. Terutama sama orang tua. Jangan sampai karena ada benci yang mempersulit masuknya ilmu kedalam otak kalian. Selain itu, cobalah untuk meminta restu kepada orang tua dan meminta mereka untuk mendoakan kalian. Sebagai sarannya lagi, cobalah untuk mencuci kaki ibu kalian lalu minum airnya. InsyaAllah, ada manfaatnya. Hal ini pernah diajarkan oleh seorang ustasd saat menghadiri acara perpisahan di sekolah gue.

        Jaga kesehatan
Sekalipun persiapan dalam pelajaran sudah matang, tapi kalau kesehatan kalain terganggu pada hari H, maka  sama saja artinya kalian sudah merusak nilai kalian. Kalian tau, kesehatan itu benar-benar mempengaruhi segala hal. Tubuh yang kurang sehat, maka menyebabkan orak sulit untuk berpikir.Nanti jadinya malah kesulitan menjawab soal-soal UN. Maka dari itu, mulai saat ini jagalah pola makan, atur waktu istirahat, berolahraga, dan jangan begadang serta konsumsi vitamin.

       Banyak latihan soal
Dulu sebelum gue UN, gue mencoba untuk mengumpulkan semua soal UN dari tahun-tahun sebelumnya. Dan gue berusaha mengerjakannya. Cobalah untuk setiap hari, kalian mengerjakan soal 50-100 soal. Gue yakin, kalian akan lulus UN dengan nilai yang bagus. Namun, demikian kalian perlu ingat bahwa jangan sampai belajar membuat kalian stress. Cobalah disela-sela belajar untuk rehat sejenak dengan mendengarkan musik atau berkumpul bersama keluarga.

       Jangan Belajar berat pas hari H
Saat hari H, jangan sekali-kali belahar terlalu berat. Bahkan sampai begadang. Hal ini malah merugikan. Kalian cukup membaca beberapa soal atau rangkuman pelajaran kalian. Gue anjurin setelah selesai sholat subuh, kalian membaca rangkuman karena membuat pikiran lebih segar dan mudah menerima pelajaran. Pas malam, tidurlah lebih awal.

Coba lakuin apa yang gue saranin di atas. InsyaAllah, kalian akan mendapatkan hasil yang terbaik. Gue tekankan, jangan sekali-kali menyontek saat Ujian Nasional. Kalian harus tau, bahwa Negara ini tidak membutuhkan orang yang cerdas dengan nilai yang begitu tinggi, tapi negara ini butuh orang yang memiliki akhlak yang baik dan jujur dalam berperilaku. Apalagi UN, bukanlah penentu satu-satunya kelulusan kalian. Jadi, jangan terlalu ngotot untuk mendapatkan nilai yang tinggi dan menghalalkan segala cara. Lakukan saja sebaik mungkin dan Tuhan akan bekerja untuk kalian. Persiapkan mulai sekarang, sebelum kalian menyesal!!!!