Bagi yang sudah kelas 3 SMA,masa aktif sekolah itu tinggal satu mingguan lagi.Setelah itu,bebas.Bisa onkang-ongkang kaki,bisa online sepuasnya,bisa nyantai smbil minumin keringat.Terserah.Ujian Nasional tinggal satu minggu lagi.Biasanya kalau anak alay,bikin status Facebook atau tweet ‘H-7 UN’.Gue sih nggak,soalnya gue bukan anak alay.Cuma lebay aja.sama aja dong,nots.

Ngomongin masalah UN,gue mau infoin kalau gue gak ngepost minggu depan.Karena,seninnya itu sudah UN,gue pasti sudah menyiapkan diri dan bersemedi dirumah.Biasanya,gue juga dilarang sama orang tua kalau lagi musim UN kebanyakan mainin laptop.Jadi,untuk sementara,minggu depan gue nggak bakalan ngepost apa-apa.Nggak usah kangen sama tulisan gue (berharap),kalau mau lu tiap hari baca tulisan gue.Ya,makanya beli buku gue dong.Kalau lu suka baca blog gue,tapi gak beli buku gue.Itu sama saja makan gula tapi gak manis.Emang ada gula yang nggak manis? Yaudahlah.Gue Cuma ingetin,beli buku gue segera.Jadilah orang keempat pembeli buku gue.Sebelum buku kedua gue terbit lagi,karena sekarang lagi on my process buku kedua,lu kudu harus beli secepatnya.Gue gak berani bilang,’jangan sampai kehabisan’.Jangan lupa juga doain gue yang minggu depan akan menghadapi Ujian Nasional.Semoga gue dan yang lainnya diberi kemudahan dalam menjawab soalnya,diberi kelancaran dalam mengerjakan,diberi kejujuran dalam menjawab,dan terakhir semoga mendapat nilai yang memuaskan dan bisa lulus SMA.

Setelah lulus SMA,insyaAllah gue akan kuliah.Seperti yang gue rencanakan,gue mau kuliah sambil kerja.Jadi,gue gak perlu lagi minta duit sama orang tua tapi gue yang akan ngasi keorang tua.Meski gue mikirin kuliah sambil kerja,gue juga harus punya target.Kuliah jangan asal kuliah.Datang diam dan pulang lagi.Kepengen jadi mahasiswa berprestasi.Jadi,enaknya kuliah sambil kerja tapi kerjanya gak gangguin kuliah.Keduanya jalan dengan hasil yang memuaskan.
Sebagai manusia yang dilahirin dari rahim,gue akan berbagi sedikit ilmu yang gue peroleh dari hasil browsingann gue di Internet.Jangan menilai imunya dikit,tapi gimana manfaatnya.

Kerjaan yang bisa dilakuin mahasiswa tanpa mengganggu kuliah!



Writer Freelance


Bagi yang belum tau apa itu writer freelance,gue kasi tau disini.Writer freelance adalah penulis lepas.Tanpa ada kontrak yang mengikat.Pernah baca koran dong,ya.Pernah ngeliat rubrik yang ada dikoran,kan.Pasti pernah.itu semua adalah hasil tulisan dari writer freelance.Bagi mahasiswa yang punya passion dalam dunia tulis menulis,bisa nyobain kerjaan yang ini.Bisa ngehasilin duit dari apa yang kita suka.Pasti gak susah.Ya,duitnya lumayan.Tergantung dimana kita ngirim tulisan kita.Bahkan sekarang,ada blog yang nawarin freelance.Modalnya Cuma tenaga dong buat nulis dan sedikit kouta.

Les Privat

Kalau lu nantinya jadi mahasiswa,cobalah kuasai satu mata kuliah.Dan kemudian bukalah les privat.Lu mungkin bisa kerumah orang yang lu kasi les.Dan pekerjaan itu gak terlalu sulit.Cuma butuh kesabaran aja.Kayak sabarnya guru yang ngajarin lu dulu.Penghasilan yang didapatkan dari les privat,bisa dibilang lumayan dibandingin dengan jadi writer freelance.Atau lu mau coba keduanya.Boleh.Asal bisa bagi waktu aja.

Fotografer

Kalau yang ini butuh modal kamera.Tapi,tenang.Sekarang lagi musimnya alay.Remaja-remaja lagi demen foto-foto hunting gitu.Jadi,pemasukan bisa banyak.Terus,kalau lu memang gak bisa motoin karena kebentur sama jadwal kuliah,lu bisa nyewain kamera lu.Dengan persetujuan kalau kameranya rusak harus ganti rugi.

Jasa mengetik

Ini lumayan menarik.Dan terdengar mudah.Kalau lu punya kemampuan ngetik cepat,ini adalah peluang besar banget.Tanpa modal.Dan lu bisa kenakan bayaran yang tinggi.Seribu perlembar,misalnya.Bayangin,anak sekolah sekarang kalau lagi buat makalah tuh bisa sampai 20 lembar.Lu Cuma butuh konsep makalahnya doang terus lu yang ngetik.Jadi lu dapat 20 kali 1000=20000.Lumayan buat ngaktifin paket BBM-an seminggu.

Event Organizer

What is it? Itu loh yang suka ngatur-ngatur suatu kegiatan.Kalau waktu SMA,namanya panitia, kalau misalnya acara perpisahan.Dia yang ngatur tata panggungnya,list kegiatannya,dll.Jadi untuk menjadi event organizer harus buat komunitas atau semacam kelompok dulu.Biar bisa kerja sama gitu.Kalau ada acara kampus,misalnya.Lu bisa nawarin diri ke penyelenggara acara biar komunitas lu yang jadi event organizernya.Tentu dengan bayaran.

Cuma lima aja yang gue share,kalau masih kurang silahkan tanya sepupu gue kak Google.com .Dia lebih tau dari gue.Selamat malam,Mblo.