Sampai saat ini,gue sudah ngeblog hampir 4 tahunan.Lumayan lama.Tapi,Cuma pada tahun 2014-lah blog gue seperti ini.Sebelum-sebelumnya,blog gue juga gak bagus-bagus amat (Sampai sekarang).Dulu gue belum bisa nulis seperti ini.Dulu gue hanya bisa copy  punya tetangga blog sebelah terus gue paste diblog gue.Atau kalau bukan gue copas,gue Cuma posting biodata gue sendiri.Entah waktu itu kreatifitas gue kamana.Akhirnya,setelah gue nemuin dan beli buku Benabook,blog gue mulai berkembang.Selanjutnya,gue beli buku-buku genre sejenis seperti punya Kevin Anggara,Kemal Palevi,Raditya Dika,dll.Dan dari sini gue tau kalau genre tulisan gue adalah mirip mereka.Nonfiksi komedi.Gue pun memulai semuanya.

Menjadi blogger itu,gak bisa dibilang gampang tapi juga gak bisa dibilang susah.Awal ngeblog,gue palingan punya viewers 2-4 tiap harinya.Itu maksimal banget tiap hari.Malah kadang gak ada viewers dalam satu harinya.Tapi,berkat kemauan gue untuk menjadi blogger yang baik.Gue berusaha untuk tetap konsisten.Sampai akhirnya,sekarang tiap harinya gue bisa mendapat viewers 20-70 sehari.Viewers teringgi gue selama ini pernah lebih 100 sehari doang.Gak main-main gue pernah lompat-lompat sendiri kalau ngeliat viewers.Haha.Semoga ditahun 2015 ini,gue bisa mendapat viewers yang lebih banyak lagi bahkan sampai jutaan.Bilang aja,Amin!
Gue sempat baring-baring dikamar buat mikirin jadwal manggung gue yang semakin padat.Dan terlintas dipikiran gue,sampai kapan gue bakalan ngeblog terus? Sampai tua? Harapan gue sampai tua ngelog,Iya.Tapi,mungkinkah gue ngeblog dengan gaya yang masih kayak gini? Gue berharap Iya.Sampai gue tua dan mati.Dan blog ini gue bakalan wariskan sama anak cucu dan cicit gue.Sebagai warisan termahal yang pernah gue punya.

Gue mau bahas dikit tentang blog.

Yang kadang buat blogger pusing adalah waktunya publish postingan,tapi ide postingan saat itu belum ada.Gue juga pernah alami.Kadang stress dan berniat minum baygon.Tapi,gak jadi.Gue masih teringat kalau gue masih jomblo.Masak gue mau akhiri hidup dengan status jomblo.Sebagai tips,buat kalian yang ngalamin hal seperti ini.Maka lo harus jadi orang yang peka.Lo harus ngeliat situasi di sekeliling lo.Misalnya,lo sedang dikelas pas jam kosong.Duduk aja sendiri.Maklum katanya lo gak punya cinlas (Cinta dalam kelas).Lo perhatiin teman-teman lo yang sedang sibuk.Ada yang mainin laptop,ada yang selfie-selfiean,ada yang ngupil sambil dijilatin,dan terakhir ada yang tidur sambil nutup mata.Nah,ini kan ide buat dijadiin postingan.Temanya:Yang dilakuin teman pas Jam kosong.Ide,itu juga datang kayak jelangkung.Gak dibutuhin datang,pas dibutuhin gak datang.Mirip sama teman gue yang disana.Disana,jauh pokoknya.Pas ide datang disaat lo gak pengen,ada baiknya lo catat ide itu.Buat dijadiin ide selanjutnya dalam postingan.Jadi,pas lo gak ada ide lagi.Lo buka catatan,deh.

Banyak blogger,pas punya ide banyak dia ngeposting banyak juga.Boros,menurut gue.Keseringan ngeblog,malah bikin viewers menurun.Disaat lo ngeposting keseringan,maka yang terjadi adalah lo akan ngalamin kehabisan ide sewaktu-waktu.Jadi,jangan telalu sering ngeposting.Yang penting konsisten.Jangan sampai ngeposting minggu ini,terus minggu depan gak lagi.Misalnya,Gue ngeposting tiap malam minggu.Ini karena gue anak sekolah.Yang malam bebasnya Cuma malam minggu doang.

Setelah sebuah postingan selesai,semuanya belum berakhir.Postingan yang kita tadi udah tulis,belum tentu ada yang baca.Belum tentu ada yang berminat.Makanya,yang harus kita lakukan selanjutnya adalah promosi.Promosi biar lo laku sebagai jomblo.haha.Ya,promosiin postingan kita ke yang lain biar baca.Kalau perlu paksa.Kayak gue dulu.Gue selalu promosiin link postingan gue ke semua orang yang aktif diobrolan facebook gue waktu itu,kontak BBM,ditweet,gue tulis dipapan tulis kelas,sampai gue yang pinjam handphone teman yang lagi asik main facebook terus gue masukin nama blog gue.Setelah itu,gue kasi handphonenya kembali.Jadi pas pegang hapenya,nanti dia bakalan baca tulisan gue.Itulah tipsnya.Tapi,sekarang cara diatas gak semuanya gue lakuin.Palingan sekarang cuma tinggal ditweet dan dishare linknya aja difacebook.Dan,hasilnya lumayan lebih banyak lagi.

Biar viewers semakin banyak,ada baiknya lo juga ngelakuin blogwalking.Selain hal tadi,lo juga bisa punya teman blogger.Dengan blog walking ke blog orang lain,maka banyak yang lo bisa dapat.Bisa nambah ide dan pengetahuan,bisa nambah teman,dan paling tidak dia bakalan kunjungin lo balik.Seperti itulah.

Selamat ngeblog.Semangat ngeblog.Tetap konsisten,guys!