Hidup itu nggak selalu berjalan sesuai dengan apa yang kita mau.kadang ada dukanya dan kadang ada sukanya.orang-orang yang bisa bertahan melalui kedua-duanya adalah orang-orang yang benar-benar hidup.gak gampang emang buat ngelaluin yang kedua-duanya.tapi,ya memang ini hidup harus dijalanin.walau dengan berbagai tantangan dan juga kegalauan.kadang hal ini membuat kita ngedrop dan loyo buat jalanin hidup.gue juga kadang kok ngerasain gimana rasanya.dan salah satu cara gue buat ngehilangin itu semua adalah dengan mengikuti sebuah kegiatan.baca aja gih yang dibawah ini:
sekitar dua minggu yang lalu,gue sempat mengikuti sebuah kegiatan yang menurut gue gak bisa gue lupain seumur hidup.yap mengikuti training motivasi.ketika teman-teman gue menjamur buat ngikutin taek kwondo buat jadi orang yang bisa bela diri,gue malah ngikutin sebuah kegiatan yang beda daripada yang lainnya.
Kegiatan ini emang udah dari gue kelas satu.tapi,sayang waktu itu gak jadi,karena jumlah pesertanya gak memungkinkan.alias dikit banget.
Beberapa hari sebelum keiatan ini dimulai,gue sebgai sekertaris kelas di perintahkan untuk mencatat temen-temn sekelas gue yang mau ikutan acar ini.pas ditanya,wihhhh 50% mau dan angkat tangan.(ala-ala iklan susu SGM gitu).wih tapi pas hari H-nya.gue harus menerima kenyatan karena ternyata yng ikut Cuma dua orang dua.Cuma gue dan rezky.
Sama kayak gue masih kelas X,pesertanya masih minim banget.Cuma 19 orang.gue heran kenapa orang-orang gak berminat,padahal ini Cuma seklai setahun dan juga sangat bermanfaat tentunya.apakah karena biaya yanya ? nggak mahal! Nggak murah ! yang sedang0sedang saja! Cuma 30 ribu.
Ketahuilah:

“ilmu itu gak boleh dilihat mahal atau nggaknya,tapi lihat bagaimana manfaat ilmu itu untuk kehidupan.biar mahal kek,murah kek kalau ilmunya berkualitas ya itu harus di dapatkan.itu menurut gue sih.
Untunglah,tidak setragis tahun lalu.karena jumlahnya minim maka traingin motivasinya dibatalkan.akhirnya jadi juga.walau pesertanya Cuma 19 orang aja sih.hahah..mungkin bisa jadi juga faktor yang membuat acara ini terselenggara karena pelaksana nya bosan ngeliat gue yang setiap tahun ikut terus gak jadi.jadi,tahun ini di selenggarakan biar gue gak ikutan lagi.semoga gak amin deh.
Walau dengan kondisi yang terbatas,semuanya berjalan dengan apa adanya.
Kata motivatornya sekolah gue adalah yang paling banyak pesertanya sekabupaten.but,just antonim.wiwiwhiwi
Pas pukul 2.30 siang.acara dimulai.tutup pintu,tutup jendela,matikan lampu,tidur dula yah.tulisan nya gue lanjut besok ajahh..
J
A
N
G
A
N

D
O
N
G

G
U
E

B
O
O
N
G


Kayaknya gue agak lupa nih dengan urutan agendanya.yang jelas gue tulis aja apa yang ada dipikiran gue saat ini.sebelum gue lupa semuanya.
Agenda pertama itu kalau nggak salah adalah menyanyikan lagu indonesia raya.semua peserta berdiri.terus nyanyi bareng-bareng sambil diiringi musik.asik.sayang gue kecewea bangte sama suara gue.karena setiap gue nyanyi dia selalu terjebak zona kefalesan.alamak.bukan alirang gue emang nyanyi.
Selanjutnya membaca doa agak semua kegiatannya samapi akhir berjalan dengan lancar.amin
Begitu slanjutnya,kegiatan pencerahan hati.dimana gue dan peserta lain harus memejamkan mata dan mendengarkan musik.gue mulai tersedu-sedu.sayang gue tahan dulu,karena gue tau ini belum puncaknya.kan nggak asik ps puncak nagisnya nanti,gue nggak nangis malah ketawa.
Kemudian,gue dan yang lainnya diputarkan 3 film pendek mengenai pembelajaran hidup.
Salah satu fil yang menyentuh banget itu seorang yang cacat fisik bisa ngelakuinnse uam pekerjaan rumahnya.dan gue mendapatkan sebuah pembelajaran bahwa:kita sebagai manusia yang punya segalanya.punya tubuh yang utuh harusnya kita bersyukur.nggak malas-malasan.dan bisa berusaha untuk melakuka yang terbaik.karena orang cacat saja bisa..kenapa kita yang hampir sempurna nggak bisa.
Selanjutnya beberapa lagu dipuarkan untuk mendekatkan diri kepada tuhan.gue nggak sempat nangis pas momen ini.Cuma gue merinding aja,bulu-bulu gue berdiri kayak lagi upacara.mengingta dosa-dosa yang pernah gue lakuingue menyesal.
Selanjutnya,sang motivator memberi beberapa nasehat dan bercerrita:
Ada beberapa yang gue dapat:
Jangan terlalu percaya sama cowok.cowok itu rasa bohongnya gede banget*ala anak alay dong,plis*.
Mungkin lo pernah,melihat atau menyaksikan cowok yang menyampaikan ke ceweknya :beb,aku mencintai mu sepenuh hati.cinta ku itu lebih besar dari pada cintanya tristan ke nayla.dan aku akan melalukann apapun untukmu.aku akan mendaki gunugn tertinggi,badai akan ku hantam,laut akan ku sebrangi,demi mendapat cintamu seorang.ehh...pas disuruh sama ceweknya:beb keluar ketemuan yuk.malah si cowok menjawab: ya h beb..itu diluar lagi gerimis.omg hellow..baru juga gerimis..gimana mau menerjang badai.??

“kalau keluar malam mingguan sama pacar itu adalah hal yang biasa,malam jumat kek.
“ada buang air besar,ada buang air kecil kok nggak ada ya buang air sedang?
“kalau mau mencari kelebihan cari lah terlebih dahulu kekurangan mu,karena bagaimana kita bisa mengetahui kelebihan kita kalau kekurangan kita saja kita tidak tau?
“berdirilah didepan cermin dan tanyakan pada dirimu “SIAPA SAYA?”.sebutkanlah semua kelebihan mu tapi jangan melebih-lebihkan.sebutkanlah semua kekurangan mu dan jangan lah menutup-nutupi.
Pas itu gue dan yang lain juga diputarkan film pendek mengenai siksa kubur,dan gimana pas malaikat sakaratul maut mencabut nyawa.
Ini meberikan gue pelajaran untuk tidak menyia-nyiakan waktu untk berbahad,menjadi orang yang baik,dan terus menjadi yang terbaik
Dan puncaknya dalah pas pencerahan qalbu.
Diuptarin lagunya uje :yang astagfirulah,trus diputarin lagunyabunda dan lanjut langunya yah.gue nggak bisa membdeung air mata gue.sampai-sampai ingus bercucuran dan membentuk sebuah alunan lagu yang harmonis.ketika bersatu dengan alunan ingus peserta lain.gue mencoba menghapus tapi tetap aja air matanya keluar.malah kaki gue ikutan tidut karena gue tindis sih pake kaki yang satu.
Semua selelsai.
Mata dibuka dan diperlihat video klip lagunya ibu hadda alwi dan anak-anak.yah.....menangis lagi jadinya.emang cengen ya kita.tapi ini adalah bentuk penyesalan kita yang gak bersyukur terhadap nikamt tuhan.
Setelah itu,kita diberikan waktu untuk berpelukan besama teman-teman untuk meluapkan ekspresi kesedihan kita.sabar yaa.....
Semuanya berlanjut ke pembelian CD.gue sempet beli,meskipun ½ dari harganya gue minjem dulu sih sama temen.dan berakhir dengan pembagian sertifikat.hehmm..
“mungkin ekpresi sedih belum menghapus semua kesalahan yang telah kita perbuat karena sesungguhanya penghapus kesalahan adalah taubat   
beberapa foto yang gue dapat:

ini pas berpelukan sama temen-temen.sayang gue nggak keliatan.


saat pencerahan Qalbu nih.dan sayang lagi gue ngga keliatan