Setiap manusia  pasti punya yang namanya hobby.dan gue juga punya.kan gue juga manusia.yap,manusia asli.bukan manusia setengah salmon.
Hobby adalah segala kegiatan yang individu sukai.hobby ada 2 jenis.buruk dan baik.hobby buruk itu seperti ngerokok,main game berlebihan,online fulltime,nonton TV seharian,dan gue harus tulis DLL biar gue nggak nyebutin satu persatu.kalau hobby baek itu (ingat,bukan mabok baek) itu seperti baca buku,nulis sampai tangan keriting,ngeblog (asal jangan sambil twiteran),ngaji,belajar samapi ambeien,DLL lagi nih gue tulis.
Seperti yang gue tadi bilang,kalau gue juga manusia..itu artinya gue juga punya hobby.apa perlu gue jelasin atu persatu?
Perlu bange,Mit.
Eh..itu suara siapa tadi?—oh,fans gue mungkin.
Karena gue kasihan,ankhirnya gue pun ngebahasnya secara runtut sambil makan sop buntut sampai-sampai kentut-kentut.

1.membaca (My book is My life)
Ini adalah hobby gue banget.sejak SD gue udah suka banget sama yang namanya buku.hingga saat ini hobby itu pun masih mnegalir didarah gue.ini bukan turunan mama gue,karena mama gue nggak teralau suka baca buku.tapi,mungkin ini turunan bapak ge.gue yakin hal ini,karena gue temaukan banyak banget koleksi buku bapak gue.
Gue semept khawatir sama keadaan yang sekarang ini karena yang gue liat hobby membaca itu udah mulai terkikis.dan ini gue temukan sendiri disela-sela temen gue.makanaya untuk mengatasi problema ini,gue selalu membeli buku setiap gue kemakassar.dan duit buat beli buku adalah duit perjuangan gue sendiri dari hasil menghemat uang jajan tiap hari,saldo jatah tiap bulan,dan beberapa sumbangan kasihan orang-orang terhadap gue seperti *om gue yang lagi nginep diruma,terus pas pulang gue dikasi duit*,serta duit dari hasil honor gue tiap ngikutin lomba.dan alhamdulillah,tiap gue beli buku,gue nggak pernah beli buku Cuma satu buku doang.dan hasilnya,udah puluhan buku gue sudah terkumpul.karena buku gue udah lumayan banyak,gue pun menjadi tempat peminjaman buku umum.baik itu sama temen-temen gue maupun sama sepupu-sepupu gue.gue gak pelit buat pinjamin.dan gue juga nggak khawatir kalau buku gue gimana-gimana.gue percaya sama peminjamnya.tujuan utama gue pinjamin ek gini,gak lain dan gak buka karrena gue ingin mereka juga suka membaca.gue mempunyai pemikiran,bahwa rata-rata orang ngga suka baca karena kurangnya buku.selain tujuan yang itu tadi,gue juga ingin mewujudkan obsesi gue untuk membangun perpustakaan.


2.menulis
Gue hoby bsnget dengan kegiatan yang satuini.hobby ini guetemukan pas gue duduk di bangkus SMP.pas SMP itu pula gue sempet nulis buku,yang gue print sendiri.hobby nulis ini gue juga berusaha untuk bangkitkan  dari jiwa temen-temen gue.karena selema gue duduk disekolahan,gue enggak pernah temuin teman satupun teman sekelas guepun yang suka nulis.hobby gue ini kemudian berlanjut ke blog.iya,blog yang seang lo buka ini.sampai akhirnya pas gue kelas 2 SMA,gue nulis buku lagi.dan masih gue print sendiri.doain aja,semoga buku yang sedang tulis saat ini bisa selesai dan diterbitkan segera.mau tau? Makanya doain dong.

3.menggambar
Gue juga doyan banget sama menggambar.tapi,gue nggak suka gmabra bunga.aneh emang.gue sukanya gambar orang yang lagi foto KTP,gambar abstrak,doodle art,dan juga sekarang gue lagi belajar gambar manga.gue memenag selalu berusaha untuk menambah dan menemukan potensi yang ada didiri gue.karena gu ehobby gambar,setiap pas pelajaran kosong disekoalh,gue sring gamba-gamabr dipapan tulis.aksi gue ini,diikuti oleh temen-temen gue juga.bahkan nih,pas gue udah ngegambar,banyak tuh dari teme-temen gue yang reutan buat foto sama gambar gue.sedangkan gue gak diajakin.padahal gue yang ngegambar.satu lagi yang gue seneningin dari hobby gue yang sau ini.ya,kebanjiran pesanan.bberapa temen gue sempet meen ke gue biar digambarin.soalnya gratis sih!



Gue punya 3 hobby utama dan gue senang serta bersyukur banget udah punya itu semua.karena gue yakin gak semua orang punya hal itu.dan gue juga percaya bahwa setiap orang itu punya hobby dan potensi masing-masing yang jika ia mau hoby atau potensiya itu bisa menjadi sebuah prestasi.oleh karenanya hobby atau potensi itu harus dikembagin.karena sesungguhnya dalam prinsip kehidupan gue dalam mensyukuri potensi yang tuhan berikan kepada kta itu yaa dengan mengembagkannya dengan cara yang benar.

Gue nggak mau hobby ini Cuma ada di diri gue doang.gue mau hobby ue juga bisa dijadiin hobby orang lain.karena salah atu cara gue ya lewat hobby baik itu dari buku-buku yang gue punya,tulisan-tulisan gue,maupun gambar-gambar gue.gue yakin berbuat baik itu gak ada  batasnya dan gak ada finishnya.kita gam boleh puas terhadap kebaikan yang pernah kita lakukan.dan bagi gue,berbuat baik itu bukan Cuma bersedekah,zakat,tolong menolong ,DLL.karena menulis di blog seperti inipun,gue duah bisa berbuat baik.gue berbagi melalui tulisan gue,itu berarti gue ngajak pembaca untuk berbuat baik.

so,Berbuat baik itu harus disertai dengan ketidak puasan.