Jawabannya NGGAK.kenapa gue bilang kayak gini?,karena memang pacaran itu nggak perlu.nggak penting.dan nggak harus.ini gue nggak belain kaum jomblo yah.tapi ini menyangkut hak dan kewajiban kita sebagai manusia untuk saling mengingatkan.
Gue mendifinisikan bahwa” pacaran adalah suatu keadaan dimana manusia akan menjadi gila”.emang kalau orang lagi pacaran itu kayak orang gila.liat aja tuh dia bisa senyum-senyum sendiri.gila kan?.
Dalam agama isilam sendiri pacaran itu nggak dibolehin.fix,nggak boleh.pacaran adanya setelah nikah.
Gue setuju banget sama yang dikatakan oleh ustasd Risa (yang nikah tanpa pacaran juga),”ternyata mendahulukan apa  yang Allah perintahkan(nikah sebelum pacaran), mempunyai efeknya sangat luar biasa.”

Gue nggak mau ngejelasin secara panjang kali lebar mengenai hal ini.gue mau buktikan secara fakta dan realita yang ada.gak ada gunanya gue ngomong samapi mulut berbusa kalau nggak didengerin.gue Cuma mau kasi contoh aja sihh.apa gunanya gue ngejelasin secara mendetail kalau kalian nggak ngelakuin.iya toh wes.
                Coba kita lihat dari kehidupan selebritis.kenapa gue suruh lo pada ngeliat kesana? Karena kita tau selebritis itu adalah public figure.kadang kita bercermin dan ngambil contoh kehidupan mereka.nah,itu alasan gue biar lo ngelihat kesana.
                Lihalah ayu ting-ting.lo pada pasti tau kalau ayu ting-ting ini pacaran sebelum nikah.pamer sana-sini sama pacarnya yang bernama Enji.sok mesra-mesra gitu.suap-suapan,peluk-pelukan,untung nggak cium-ciuman.tapi,lihatlah realitas sekarang.ayu ting-tingnya udah nikah sama Enji.eh,malah berujung cerai.malah saling ceritain keburukan dihadapan media.saling fitnah-memfitnah,saling menjel-jelekkan.bahkan ayu nggak mau ketemuan lagi sama Enji.liatkan? gimana? Udah dipeluk-pelukin sama laki-laki yang bukan muhrim terus udah nikah ditelantarin aja.inikah enaknya pacaran.
                Gue bukannya mau ceritain keburukan atau nyindir.gue hanya menceritakan yang gue liat dari fakta dan realiti.soalnya gue eneg banget geliat semua infotaiment isinya ayu ting-ting semua.fix,gue bosan banget.untung aja TV one nggak nayangin berita tentang infotaiment.mungkin gue bakalan banting tuh TV.
                Bagaikan bumi dan langit.coba lihat Oki setiana Dewi.Tanpa pacaran,langsung menikah,Cuma melalui proses ta’aruf.dan hasilnya? Sampai saat ini baik-baik saja.bahkan pas acara resepsinya mewah banget,rame banget,dan luar biasa.mereka nggak suka pamer-pamer.dmereka jaga yang namanya harga diri.sesuai syariat islam pula.

                Gue juga nggak bermaksud untuk membandingkan antara satu ama lainnya.gue Cuma mau kasi contoh aja.gimana kehidupan ini tanpa pacaran dan melalui pacaran.semoga kita semua,bisa mengambil contoh mengenai hal ini.minimal kita bisa ngeaplikasikan dalam hidup kita.