hay,guys! kali ini saya akan bercerita sedikit mengenai mencontek.
kira-kira kalian pernah ngelakuin hal ini nggak? kalau enggak pernah alhamdulillah! kalau iya astagfirullah!hehehe
gini guys,mencontek itu bisa meruntuhkan bangsa loh.nah,kok bisa? yup kita simak.
jadi mencontek itu biasa terjadi dikalangan kita utamanya bagi pelajar pada saat menghadapai Ulangan.bener kan?.sebenar-benarnya mencontek itu perilaku yang sangat buruk dan sama halnya dengan mencuri.kenapa? iya karena kalian sama saja mengambil punya orang lain kalau mencontek!.nih,mencontek itu bisa membuat bodeh loh,guys! hiii bisanya yah.ya iyalah bisa,soalnya kalau kita mencontek berarti kita sama saja tidak mau berpikir dan hanya menggantungkan diri pada orang lai.pada saat kita tidak mau berpikir otak kita ya begitu-gitu aja,gak akan terasah dan lama-lama akan menjadi tumpul karena tidak pernah berpikir.dan alhasil akan jadi bodohlah kita.sudah tau kan?
nah bukan hanya itu guys,ternyata mencontek itu sama saja kalau kita tidak jujur.kalau begini,berarti karakter kita sudah rusak,dan runtuh.tau kan bagaimana keadaan sekarang yang ada di Indonesia? yup,betul sekali.Maraknya Perilaku korupsi di kalangan para pejabat negara.meski kita tau mereka itu cerdas dan pintar.tapi,akhlak dan karakternya lah yang kurang.itulah sebabnya perilaku Korupsi bisa terjadi.nah,kalau masih duduk dibangku sekolah saja kita tidak jujur,bagaimana bisa kita membangun negara ini? malahan akan membuat bangsa runtuh kalau mempunyai pemimpin yang tidak berkarakter dan berakhlak.
Guys,perlu kita ingat ya bahwa meskipun kita mempunya segudang ilmu dan pengetahuan tapi kalau kita tidak mempunyai iman dan berkarakter,sama saja halnya kita memakan sayur tanpa garam.nah begitu juga sebaliknya kalau kita mempunyai iman dan karakter yang baik tapi tidak dilandasi dengan ilmu pengetahuan.
satu lagi nih,guys.mencontek itu awalnya dilakukan karena seseorang ingin mendapatkan nilai yang maksimal.tapi,mana ada sih sebuah keberhasilan tanpa ada sebuah perjuangan.nggak ada kan? nah kaau mendapatkan nilai yang memuaskan dari hasil usaha mencontek itu rasanya nggak enak banget.nggak manis,nggak asin,tapi pahit.rasa bangga pada diri sendiri itu gak akan muncul deh pokoknya.Nah,padahal ,sebenarnya kalau dipikir-pikir mencontek itu lebih berisiko loh guys.coba deh belajar aja,pasti hasilnya dijamin memuaskan dan tentunya membanggakan.dibanding kalau mencontek? gimana coba kalau ketahuan sama guru?ya pasti kena hukuman.alhamdulillah,kalau hanya sekedar ditegur,tapi kalau sudah disuruh keluar,kertas ulangan dirobek,terus diskorsing selama 1 semester.gimana?? lagian kan kalau mencontek pasti butuh usaha juga kan? harus balik kiri-kanan minta jawaban sama teman.nggak takut lehernya keseleo dan tambah panjang? kan lebih ringan kalau kita belajar sendiri,gampang dan tanpa resiko lagi.ya kan?
nah,tunggu apalagi? kalau perilaku mencontek ini masih melekat pada diri kalian,segera hilangkan.dan jangan pernah putus asa deh untuk meraih mimpi tertinggi.sip!!!