Beberapa minggu yang lalu,gue sempet ke toko buku favorit gue.ya,”GrahaMedia”,salah satu tokoh buku yang ada di Makassar dan terletak tepat dilantai 3 pusat perbelanjaan Makassar Tower Square (MTOS).hampir,tiap 6 bulan sekali gue pasti kesini,buat beli buku.yaiyalah,namanya juga toko buku.dan hal ini udah gue anggap sebagai tradisi setiap ke Makassar.

Baru-baru ini,gue kesana dan membeli buku dari bang Raditya Dika,si manusia 7 juta followers yaitu “MARMUT MERAH JAMBU” dan juga buku dari kak Oki Setiana Dewi,manusia yang hampir mirip dengan gue,insyaAllah.Yaitu “Melukis Pelangi”.wihh,,bukunya keren-keren loh.emang kalau gue yang beli buku nggak pernah salah.*perumpamaan*

Sekarang gue mau bagi-bagi tips nih,gimana cara membeli buku yang berkualitas.biar kalau lo ketoko buku,nggak ribet lagi mau beli buku  yang bagaimana.monggo dibaca:

1.Lihat dulu Judulnya
Ini nih,yang menurut gue yang pertama harus diliat dulu sebelum beli buku.menurut gue ya.penting,banget lah. sebuah judul sangat menentukan buku apa yang mau kita beli.jangan sampai lo mau beli buku tentang tutorial memasak lo malah jadi beli buku tentang tutorial hijab.salah,dong.terus nih,ya.saat lagi nge-cek judul buku,ya lo pikirin dulu ini judulnya keren nggak.karena menurut gue kalau judulnya udah keren pasti isinya juga bisa dibilang nggak kalah keren.contohnya nih,bukunya bang Kemal palevi yaitu “tak Kemal maka tak sayang”.nah,kan judulnya menarik nih dan bikin penasaran juga.satu ketertarikan dan minat buat beli itu udah ada.

2.baca sinopsisnya
Setelah tertarik sama judul bukunya,ya selanjutnya yang dilakukan adalah membaca synopsis.karena disinopsis itulah terangkum isi dari buku tersebut secara keseluruhan.jangan sampai lo baca isinya lagi,soalnya kelamaan.selain itu,lo juga bakalan ditendang sama security toko buku,karena lo udah buka plastik dari buku tanpa membeli sebelumnya.ya,kalau udah baca sinopsisnya tuh,pasti udah lebih tertarik lagi buat beli.kalau gue sendiri sih,diantara buku yang pernah gue beli.gue paling suka sama synopsis bukunya Kevin anggara “student Guide book for dummies”.perlu lo tau,salah satu cara penulis menarik pembaca biar bukunya laris dipasaran adalah,dia bakalan menulis synopsis sedemikian menariknya.oke

3.cover bukunya
Pernah denger pepatah nggak “jangan liat sesuatu dari sampulnya”.iya cukup bener juga sih.makanya gue ngeletakkin bagian ini di urutan ke-tiga.karena bukan ini yang utama pas beli buku.tapi,banyak juga sih orang-orang yang kalau kepengen beli buku,pasti ngeliat covernya dulu.kalau misalnya menarik,pasti dia mendekat ke rak buku itu.terus ngotak-ngatik.untung kalau beli.wkwkw.tapi,penting juga buat merhatiin cover buku saat membeli,karena tanda kutip menurut gue cover buku yang menarik itu bisa menambah selera baca,broh.coba lo cari buku yang nggak begitu menarik.terus lo diemin aja dirak,tiba-tiba di hati lo yang paling dalam lo kepengen baca,tapi negliat cover buku yang nggak menarik itu,mood lo buat baca berlalu terbawa angin topan.preeettt….gue paling suka sama cover bukunya benabook.kreatif banget.dan sesuai karakternya sama bang bena.

4.penulisnya dan penerbitnya
Penting atau nggak,ini menurut gue penting.kita bahas satu per satu,ke penulis dulu gih (semoga gue juga bisa jadi penulis *doa terselip*).menurut gue ini pentinglah.karena dengan lo tau penulisnya,maka lo pasti udah punya gambaran kalau nih buku pasti bagus.soalnya penulisnya ini,misalnya.contohnya saja,bukunya manusia setengah salmon.ih..terus lo baca tuh penulisnya raditya dika,dan lo tau kalau raditya itu penulis yang bego  terkenal dan bukunya laris dikalangan anak muda.nah,lo bisa dong tau kalau buku itu pasti bagus,karena nggak mungkinlah penulisnya bisa terkenal kalau bukunya nggak bagus.next,kepenerbit.tiap penerbit itu pasti punya ciri khas tersendiri,mulai dari cara editnya dalam sebuah buku,sampai genre buku yang diterbitkan.nah,menurut gue misalnya lo mau cari suatu buku dengan genre tertentu,biar gak ribet harus nyari sana-sini,maka lo sebaiknya perlu tau dulu.genre kayak gini,biasa yang terbitin siapa ya? Nah secara otomatis,lo bakalan secepatnya nyari buku yang diterbitkan sama penerbit itu.contohnya,penerbit bukune.penerbit ini,genrenya lebih ke Nonfiksi,komedi.jadi kalau misalnya mau nyari buku dengan genre seperti itu,maka langsung saja cari buku dengan penerbit bukune.jangan yang lain lagi.FYI,banyak loh buku-buku penulis terkenal di terbitkan oleh bukune,misalnya Marmut merah jambu,yang ditulis oleh bang raditya dika.penulis yang disunat karena naksir seseorang,BenaBook yang ditulis oleh bang bena kribo,penulis yang mempunyai rambut seperti gulali,kemudian ada tak Kemal maka tak sayang,yang ditulis sama bang Kemal palevi,penulis yang selalu disangka orang arab,terus ada buku student guide book for dummies,yang ditulis oleh kevin anggara,penulis yang masih menyandang  status pelajar absurd,dan juga ada buku Status:pelajar ,yang ditulis oleh dewi armitha basri,makhluk tuhan yang masih berharap bukunya diterbitin sama bukune *maaf,ini nggak salah tulis*.

5.mungkin,harga
Ya,perlu diperhatiin juga sih,tapi ini kurang penting.seberapapun harganya kalau memang lo suka sama bukunya,bawa aja gih langsung ke kasir.kalau uang lo gak cukup,cepat peletin si kasir. *jangan,broh*.haha,bercanda.ya,jadi gini.kalau buku itu mahal,sudah bisa dipastikan buku itu berkualitas.jadi,jangan khawatir deh uang lo habis karena buku,apalagi khawatir jatuh miskin karena beli buku.nggak,akan.palingan lo malah semakin kaya.kaya Ilmu,men!.

Buku itu adalah warisan terbaik.harta,pakaian,rumah,dll itu bisa habis.tapi,buku nggak akan habis.ia akan tetap tinggal diotak kita,selama lo udah membacanya.jadi,buku itu sangat berharga.peliharalah dia,supaya anak,cucu,dan cicit lo masih tetap bisa baca nantinya
Sekian tips dari gue,semoga bermanfaat.tetap membeli buku,demi kehidupan masa depan yang lebih cerah._salam booklovers_