Eh,udah hari ke 18 puasa aja nih.tapi,gue belum pernah ngucapin “selamat  berpuasa,bagi yang menjalankannya”.gimana puasa kalian? Apa udah ada yang bolong?kalau cewek sih wajar jika ada yang bolong,kalau cowok (?) kurang ajar,broh! Gue sendiri sih,puasanya udah bolong.ya,pas 7 bolongnya.biasalah,cewek.lagi dapet aja!

          Selama menjalankan ibadah puasa ini,sekolah gue lagi libur.gue nggak tau apa sekolah gue aja yang libur 1 bulan.lumayanlah buat istirahat full setelah bulan lalu dipadati beberapa kegiatan.yah,enak liburan 1 bulan.tapi,kangen juga sih sama temen-temen.apalagi kalau yang punya pacar atau gebetan satu sekolahan.hmm bisa-bisa kangennya setengah mati kayak lagunya D’masiv tuh.wihhhh….kalau gue mah kangen sama kantin.eh…

            Puasa itu emang gak gampang.kalau ada yang bilang gampang,suruh berhadapan sama gue.mana? berani ngomong didepan gue? jangan pikir,kalau puasa itu Cuma nahan lapar dan minum doang.itu salah,men.mungkin buat gue perlu untuk menjelaskannya kembali bahwa :puasa itu adalah menahan diri dari segala godaan.baik itu makan,minum,syahwat,hawa nafsu,dan dari pekerjaan-pekerjaan yang dilarang oleh Allah SWT”.kalau perlu catet deh,ya!

            Sekali lagi,puasa itu nggak gampang.gue sebagai umat muslim yang ingin menjadi orang yang beriman dan bertaqwa tentunya harus melaksanakn kewajiban ini.mau nggak mau,hati harus diikhlasin.tapi,emang ada sih orang yang nggak ikhlas ngejalaninnya?.puasa itu Cuma 1 kali dalam setahun,loh.rugi kalau nggak dimanfaatkan dengan baik.

          Puasa itu nggak boleh dijadikan ajang malas-malasan.sekali lagi nggak boleh!
Puasa itu emang bikin lemas,loyo dan bikin kita nggak bertenaga.tapi,kalau lo jalanin dengan penuh kesungguhan yankinlah lo bakalan nggak ngerasain sama 3 hal tadi.gue percaya,selama 13 lebih tubuh nggak diberi makan,nggak diberi minum disitu kita bakaln dapat yang namanya kenikmatan beribadah.

          Seperti yang tadi gue bilang,puasa itu nggak boleh dijadikan ajang malas-malasan.biar puasa lo,SAH dan nikmat.ya kita gunain,waktu kita buat ngelakuin hal-hal yang bermanfaat.dari pada tidur aja gih?.tapi,tidur dibulan puasa itu punya pahala,loh.tapi nggak boleh tidur berlebihan juga,keles!

Sambil nunggu waktu berpuasa,banyak yang dapat kita lakuin.yah,sebagai manusia yang ingin “Berguna”,gue bakaln bagi-bagi aktivitas apa aja sihhh… yang bisa dilakuin buat nunggu waktu ngabuburit (ini versi gue,kali aja lo tertarik):

1)Ngaji

            Menurut yang gue tau,kalau kita membaca alquran dibulan ramadhan,maka 1 huruf yang kit abaca itu akan bernilai 10 pahala.nah,apalagi kalau sebelum baca al-quran ambil wudhu dulu,wihh pahalanya bukan 10 lagi.tapi,udah 25 ! terus,tunggu apa lagi ? ayo ngaji!
Kalau gue sendiri punya target dibulan ramadhan ini,gue harus khatam alqur’an.gimana car ague bagi waktu?.gampang!.gue nyelesein,1 juz 1 hari.seperti slogan ONE DAY ONE JUZ.ingat,ini bukan masalah jus mangga ,jus apel,atau kawan-kawannya.yah,1 hari 1 juz.dalam 1 juz alquran itu ada sekitar 10 lembaran.nah,kita kan sholat sehari semalam ada 5 waktu.biar bisa nyelesin 1 hari 1 juz.maka tiap udah sholat maka baca 2 lembar.jadi otomatis kalau udah sholat 5 waktu dan baca 2 lembar,maka sehari udah nyelesin 1 juz.selamat,kakak!

2)Menghafal alqu’ran

            Sama halnya dengan membaca alqur’an.menghafal alqur’an juga mempunya banyak pahala.yang gue tau ya.kalau  seorang anak itu bisa ngehafal alqur’an maka dihari akhir nanti orang tuanya bakalan diberi mahkota yang sangat indah.wih,siapa coba yang nggak mau hadiah-in mahkota ke orang tuanya?.kalau geu mau banget.
Sejak gue duduk di bangkus SMA,gue udah mulai memperdalam hafal qur’an gue.meskipun masih dalam lingkungan juz amma.tapi,nggak papalah.juz amma juga bagian dari alqur’an kok.yah,ini semua berkat mata pelajaran GPQ (gerakan pembelajaran qur’an).untuk hal ini,gue bakalan ngejelasin lebih lanjut di buku gue (tunggu,aja).
               Lo pasti pernah ngeliat acara hafidz qur’an di tv kan?.wihh,hebat-hebat ya?.anehnya,yang ngehafa qur’an itu bukan seumuran sama gue.tapi,anak-anak.usia 3-7 tahun.subhanallah.kalau gue nonton,gue itu kadang malu.malu karena kalah sama anak-anak yang umurnya 5 kali lipat sama umur gue bisa hafal al’quran.yang kedua,gue juga kadang nagis pas nonton.keajaiban banget dari tuhan!.gue juga kadang berpikit,ini anak gimana ya cara belajarnya? Orang tuanya kasi makn apaan ya?.yah,sebagai motivasi dari gue.enggak ada yang namanya terlambat.kalau lo memang punya niat buat hafalin qur’an,pasti lo bisa.karena percayalah,saat niat itu udah ada dihati,pasti usaha lo bakalan keluar karena dorongan dari niat tadi.geu juga lagi berusaha nih,buat hafalin qur’an.dan,insyaallah “semoga target gue,untuk ramadhan kali ini buat hafalin 1 juz BERHASIL *hore*.mari kita sama-sama berusaha.

3)Nulis

     Yah,banyak yang bingung dan bertanya sama gue “kalau nulis,mau nulis apaan sih?”.aneh,emang!tap,kadang itu juga menghampiri gue.nulis? gue harus nulis apaan sih?.banyak yang bisa lo tulis.ide itu ada dimana-mana,jangan mau kehilangan ide.lah,kan kalau lagi puasa gini kan lapar ya?.nah,perasaan lapar yang lo rasain itu kan bisa lo tulis .lo sampaikan uneg-uneg lo.dan lama-kelamaan juga bakalan jadi tulisan yang panjang.lumayankan,nanti kalau misalnya lo nulis tiap hari.pas udah idul fitri nanti.lo bisa nyelesin satu buku.terus,kalau udah masuk sekolah.bisa deh lo pamerin.kasi liat sama teman-teman lo.”eh,gue punya buku nih,karya lo mana?”.hmmm…lo mungkin bisa unggul Karen apunya karya selama ramadhan.tapi,mungkin teman lo? Cuma tidur yang menjadi karyanya.so,menulislah,apapun yang ingin lo tulis ! sesuka hati,men!

4)Baca buku

              Banyak buku yang bisa dibaca.Cuma keinginan buat baca itu,yang dikit.jujur,di bulan puas ini,gue agak jarang baca buku.karena gue juga lagi focus baca alqur’an.hmmmm…kan lagi liburan nih.pasti tuh buku,di diemin aja di meja.kasian banget ya.ya kalau lo punya hati,pasti lo gak bakalan biarin dia sendirian.hibur kek.caranya? ya bacalah.kalau lo diemin aja,nanti pelajaran sekolah bisa kelupa semua.terus,pas masuk sekoalh kembali,ihhhh..kayak orang amnesia.ditanya rumus air aja kagak tau.gue lebih sering baca buku sekolahan aja dari pada buku bacaaan biasa.hal ini,Karen ague lagi nyiapin buat UAN 2015 nanti.gue orangnya nggak suka acara-acara “kebut semalam”.jadi,biar gue selamt dunia dan akhirat,ya gue mulai baca-baca buku kelas X-XI dan kebali mencatatnya dibuku rangkuman.nah,buku ranguman itulah yang anti gue bawa kemana-mana,dan nggak perlu buka buku kelas X-XI lagi.

5)Nonton TV

      Bermanfaat?lumayanlah!
      Kalau emang mau nonton TV nya bermanfaat,ya nonton acara TV yang bermanfaat juga lah.kalau lagi puasa jangan nonton acara masak-masak.nanti puasa lo bisa jadi makruh.saran aja nih :lo bisa onton acara Hafidz Qur’an/Hafidz Indonesia,Aksi Junior,Beita kemenangan Jokowi-JK (eh,belum,mit),dsb.ingat juga,jangan samapi nonton infotaiment ye.kan tuh gossip! Ngak boleh nge-gosip pas puasa.nanti bisa batal.kalau nonton Ganteng-ganteng srigala,sih boleh-boleh aja.tapi,pas udah tarwih.yah…yang penting halal (?)

6)Bantuin orang tua didapur

            Kalau lo cewek dan baik hatinya.pasti kalau jam ngabuburti,bantuin ibu didapur buat nyiapin makannan buka puasa.yah…kalau gue? Ohhh pasti.bantuin nnya yang ikhlas,janagn ngomel-ngomel.”Mit,bantuin masak dulu dong”,”bentar mah,ini lagi balas BBM”.contoh,broh!.jadi,bantulah mereka!asalkan lo jangan ngiler sih ngeliat makanannya.

    Sebenarnya masih banyak banget aktivitas yang bisa dilakuin pas nunggu jam buka puaasa alias ngabuburit.tapi,Cuma ini yang gue bisa tulis.berhubung tangan gue udah pegel-pegel ngetiknya.yah,gue berharap apa yang gue tulis ini bermanfaat buat kalian dan bisa lo lakuin dengan bener dalam  kehidupan yang nyata.gue nggak suka pembaca yang hanya sekedar mau tau aja,tapi gue suka yang juga mau ngelakuin!-Dewiarmitha-16 tahun.

Eh,buka youtube dong.lihat stop motion pertama yang gue bikin sendiri Stop Motion Gue .